Sabtu, 22 Maret 2014

ABOUT DIET



Hi guys hari ini gue bakal bagi-bagi tips aja. Tips gue kali ini seputar diet alias cara nurunin berat badan. Kenapa tiba-tiba gue bisa berbagi tips seputar diet??.
Sebenernya ada beberapa alasan yang mendorong gue buat bikin artikel kaya’ gini.
Pertama, ada beberapa orang yang tanya ke gue gimana sih cara nurunin berat badan kaya’ gitu ( karena memang gue akuin perubahan gue setelah diet emang lumayan fantastis jadi mungkin banyak yang tertarik buat ngikutin cara gue ). Kedua, karna gue ngrasa kasian aja liat banyak cewek gendut yang jadi bahan pembullyan entah di dunia nyata maupun di sinetron-sinetron. Gue juga mau ijin buat cerita dikit masa lalu gue yang suram karna berat badan gue yang dibilang cukup gede lah buat cewek remaja seusia gue. Jadi gini…
Awalnya gue juga seorang cewek yang biasa-biasa aja, gak gendut tapi juga nggak kurus, standar lah sebagai cewek. Dari SD berat badan gue stag terus di angka 40-45 kg tapi begitu gue masuk SMP nggak tahu kenapa berat badan gue terus naik sampai kelas 1 SMA. Gue sih nggak nyalahin keadaan karna memang gue akuin pola hidup gue tu berantakan banget. Gue tu kalau makan sehari bisa lebih dari 3X tergantung mood sama makanan yang gue makan aja. Pagi gue bangun seperti biasa layaknya orang bangun, karna sekolah nggak mungkin buat gue harus olahraga ( di luar itu gue juga males banget olahraga karna emang nggak ada waktu ) akhirnya gue mandi, setelah mandi biasa ibu gue udah nyiapin sarapan di meja makan. Ibu gue pada waktu itu tipikal ibu-ibu yang suka banget liat anaknya makan banyak karna bangga kalau makanan yang dibuatnya bisa abis cepet  tapi di lain sisi dampaknya ke badan gue. Badan gue melambung sedikit demi sedikit. Ibu gue kalau nyiapin sarapan buat gue bisa dua porsi nasi di satu piring, yah meskipun lebih banyak nggak gue habisin ( karna buat gue makan pagi-pagi pakai nasi itu adalah hal yang tidak mengasyikkan apalagi kalau makannya itu itu aja – baca : telur+nasi -- ). Nah setelah itu di sekolah kalau pas lagi istirahat pertama gue biasa beli cemilan yang lumayan banyak+minuman kemasan apapun kecuali air putih ( karna gue nggak suka air putih. Menurut gue air putih itu nggak ada special-spesialnya, udah warnanya putih nggak ada rasanya lagi )+ nasi bungkus dua ( apapun itu entah nasi kucing ataupun nasi goreng ). Di istirahat kedua sekitar jam 13.00 gue dikasih istirahat lagi sama pihak sekolah karna ada jam tambahan. Kesempatan itu gue gunain buat beli makanan di luar sekolah, gue bisa beli dua jenis makanan sekaligus, entah siomay+batagor, siomay+mie, batagor+dll banyak pokoknya. Selain itu gue suka banget sama hal-hal yang berbau dingin+manis jadi udah bisa nebak gue sering beli minuman yang kaya’ gimana. Pulang dari sekolah ibu gue tercinta udah masak makanan yang enak banget, biasanya kalau ibu gue masak makanan yang biasa ,gue cuma bisa abis satu piring penuh tapi kalau masaknya enak bisa 2 sampai 3 piring penuh hehe. Untuk minumnya gue selalu minta dibuatin  es teh yang gulanya minimal dua sendok dan pakai gelas jumbo  karna gue suka banget sama manis. Setelah makan biasanya gue lanjut tidur karna ngantuk banget dan  di sekolah nggak akan ada kesempatan buat tidur. Bangun sekitar magrib dan perut udah kerasa laper terus gue biasanya ganjel pakai cemilan, apapun itu dan jam 21.00 gue lanjut makan lagi dan setelah makan gue langsung tidur. Dan itu berlangsung monoton. Nggak hanya itu, gue juga orang yang suka banget makan mie, sekali makan gue bisa dua bungkus dan seminggu gue bisa makan mie lebih dari empat kali. Nggak hanya itu kalau pas lagi makan mie gue suka pasangin sama susu kental manis ( tentunya pakai es ) uhh sedeep banget pada waktu itu. Dan akhirnya mengembanglah badan gue secara perlahan. Awalnya gue cuek dan nggak pernah mikirin soal bentuk badan gue tapi karena suatu kejadian yang gue sampai sekarang nggak bisa lupain kejadian itu gue mulai berubah. Kejadian apa sih yang bisa bikin gue kaya’ gini??
Gue sih sebenernya nggak mau bahas ini lagi toh gue udah maafin semua kesalahan orang-orang yang menghina gue dan salah satu dari mereka udah minta maaf ke gue. Jadi intinya ada beberapa orang yang nge.bully gue dengan ngatain gue cewek yang gendut, item, nggak fashionable dsb. Ya memang apa yang diomongin mereka itu nggak salah. Gue emang gendut ( pada waktu itu bobot gue 62 kg dengan tinggi 153 cm ), gue emang item ( jujur waktu itu wajah gue kusem banget bener-bener nggak enak dilihat ), dan kalau masalah nggak fashionable itu bener banget ( gue emang nggak pinter buat mix and match penampilan, buat gue ada baju yang muat ke badan gue aja udah syukur Alhamdullilah ). Tapi sayang satu yang mereka lupa gue cuma manusia biasa yang masih punya perasaan otomatis gue sakit hati banget dan gue nggak trima dihina kaya’ gitu. Gue memutuskan untuk ikut salah satu cabang beladiri. Disana latihannya cukup berat tapi ternyata setelah berbulan-bulan gue ikut berat badan gue cuma turun 2 kg. Akhirnya gue keluar ( alasan gue keluar sih bukan karena nggak ngefek ke badan gue tapi cuma males aja ). Gue lanjut buat jalanin diet sendiri. Gue tanya sodara gue yang dulu udah berhasil diet dan ada beberapa solusi yang dia kasih.
Awalnya gue diet itu ekstrim banget:
1. Gue selalu nyempatin buat jogging di taman deket rumah yang sekarang udah dijadiin mall -__- karna buat minta alat treadmill ke bapak itu adalah hal yang mustahil makanya gue cuma bisa jogging di sekitar daerah rumah biasanya gue lakuin jogging 3x putaran yang 1 putarannya itu jauh banget.
Apa nggak capek??
Ketika gue capek cuma satu yang gue inget perkataan orang-orang yang ngehina gue, semua itu gue jadiin motivasi buat jalanin diet ini.
2. Gue sempet nggak sarapan dan makan malem, gue cuma makan siang dan itu pun enggak pake nasi cuma sayuran aja.
Lah kalau laper lagi gimana??
Laper lagi cuma satu yang gue gunain buat ganjel perut yaitu air putih ( mulai saat itu gue paksain diri gue buat suka air putih dan untuk yang manis-manis gue buang semuanya )
3. Maksimal masuk ke perut jam 18.00 . Jadi setelah itu nggak ada yang boleh masuk ke perut meskipun cuma air kecuali ada satu air yang harus gue minum pas siang sama sebelum tidur dan sampai sekarang gue masih minum.
Air apa itu??
Godokan daun cermai. Tradisional banget ya?? Emang karna gue bukan orang yang suka hal yang instan.
Apa nggak ada minuman lain kaya’ susu gitu?? Susu tetep kok tapi susunya gue ganti sama yang rendah lemak jadi nggak bakal nyiptain lemak jahat di tubuh.
Kok bisa sih ?? Sekali lagi perkataan-perkataan yang jahat itu yang menguatkan gue.

Dengan diet ekstrim ini gue bisa nurunin 4 kg tapi gue masuk ke rumah sakit gara-gara kondisi gue melemah. Jadi gue nggak nyaranin buat nglakuin diet yang kaya’ gini karena bisa berakibat fatal . Dokter pun nyaranin gue buat berhenti diet tapi karna nanggung gue tetep jalanin diet tapi dengan cara yang lebih aman.

1. Olahraga tetep dan gue tambahin sama olahraga air kaya’ renang biar lebih efektif ( pas di kolam renang gue bisa betah berjam-jam , sendirian lagi, berenang bolak-balik sampai siang. Akibatnya sih badan gue tambah item tapi itu bukan masalah yang penting gue bisa kecil ).
2. Sarapan gue lakuin lagi tapi dengan porsi sangaaaat sedikit + telur.
Bukannya telur itu kaya lemah jahat?? Iya sih telur itu mengandung lemak jahat tapi telur itu juga bikin kita kenyang lebih lama jadi kita bisa nahan makan lah sampai jam makan selanjutnya.
3. Minuman gue cuma satu, tetep air putih dan kalau gue lagi pengen minuman selain itu gue biasa ngonsumsinya seminggu sekali paling banyak. Dan setelah itu gue harus olahraga berat buat ngilangin kalorinya.
4.Olahraga gue tambah dengan sepedaan dan aerobic ( yang masih gue lakuin sampai sekarang )
5. Makan cuma 2x sehari dan kalau laper lagi gue ganjel pakai buah dan buah yang gue makan cuma buah yang mengandung banyak air jadi malah membantu metabolism.
6. Gue jadi nggak suka makan malem.
Terus malem-malem ngapain dong ?? ya lakuin apapun asal lupa sama makan

Dengan diet kaya’ gitu sekarang gue stag di berat 51-52 kg. Lagi istirahat diet juga.
Lalu apa sih dampak diet gitu sekarang??
Banyak perubahan dan kebiasaan gue yang bedaa banget sama yang dulu, entah positive maupun negative:
Yang positive :
1. Kalau gue nggak olahraga badan tu rasanya aneh banget, nggak nyaman.
2. Porsi makan gue sekarang sedikit dan gue suka itu intinya yang masuk sama yang keluar itu stabil
3. Gue jadi nggak suka makanan+minuman yang manis banget yang berlemak terlalu banyak ( nggak tahu kenapa reflek jijik, kaya’ mie gue sekarang konsumsi bisa 3 bulan sekali ). Manisnya biasa aja gue masih suka.
4. Jarang sakit dan lebih gampang ngebentuk tubuh
5. Udah bisa mix and match penampilan aja
Yang negative:
1. Takut banget gendut. Kalau makan agak banyak sedikit gue langsung buru-buru nimbang dan kalau setengah kilo aja naik gue harus buru-buru ngluarin keringat gimana pun caranya. Mungkin itu efek trauma dari pembullyan tadi yaa.
2. Was was makan malem. Yah tau sendiri menurut gue makan malem itu bikin gendut ( balik ke poin 1)
3. Gue pernah ngrasa kaya’ ngidap anaroxia atau apalah itu namanya.
4. Gue rempong banget kalau soal penampilan. Pengen nyoba hal-hal baru biar gue kelihatan beda dari yang lainnya. Balik lagi mungkin itu akibat trauma.
5. Jadi bingung banget saat kulit wajah gue nggak bisa putih meskipun gue udah rutin bersihiin ( terus sekarang masih item kah?? Itu di segmen selanjutnya ^^)
6. Gue rempong kalau ngasih tau temen-temen gue yang agak gendut buat diet.

Ya mungkin itu sedikit cerita gue. Gue sih berharap cewek-cewek yang gendut bisa kali nyoba tips dari gue. Jangan sampai kalian terlambat dan nyesel atau mau berubah pas ada yang ngatain kaya’ gue karna jatuhnya bakal ada trauma-trauma yang mengiringi. Gue sih cuma pesen badan yang banyak lemak jahat itu juga lebih banyak penyakitnya bukan cuma masalah penampilan tapi kesehatan juga penting. Jangan males jangan cuek. Niat yang bener toh itu bakal ada keuntungannya buat kita, gue pribadi udah ngrasain sendiri. Semakin besar badan loe semakin sulit usaha loe. Yah gak papa sih gendut yang penting pola hidupnya sehat. Sekarang juga banyak cewek yang kurus dan mentang-mentang udah kurus, olahraga kayaknya nggak perlu lagi. Itu juga salah besar semua itu harus seimbang biar badan tetep terus fit. Buat cowok-cowok yang ceweknya gendut jangan dipaksa-paksa buat kurus tanpa ngasih motivasi karna untuk diet itu susah banget nggak segampang ngegombalin cewek ( kan cewek tuh gampang banget digombali hehe ). Pahamilah cewek yang pernah trauma akan hal-hal yang menyangkut fisik karena setau gue cowok itu kalau hal yang kaya’ gini suka kurang peka soalnya cowok yang kurus banget itu kalau makan segentong pun gendutnya susah banget. Jangan ngejek orang yang punya berat badan lebih. Allah itu Maha Adil. Karma ada. Udah mungkin enough itu aja.. see you ^^

1 komentar:

  1. SELAMAT ANDA MENDAPATKAN UNDANGAN RESMI DARI SUMOQQ.ORG Kunjungi skrg Live Chat nya u/Info lbh Lanjut,Dan Dapatkan Jutaan Rupiah Dengan Cuma-Cuma BBM : D8ACD825

    BalasHapus