Sabtu, 22 Maret 2014

ABOUT WHITE SKIN



Kemarin gue janji mau ngasih artikel tentang kulit bersih yang sekarang udah lumayan gue dapetin. Dibanding wajah dan kulit gue dulu mungkin sekarang kulit gue lebih kelihatan bersih. Kenapa kok bisa berubah??
Yang pasti masuk sebagai alasan balas dendam atas penghinaan yang pernah gue terima. Gue sih seneng bisa balas dendam dengan cara yang sehat dan nggak perlu melukai orang lain. Saat berusaha memutihkan wajah dan kulit lainnya ternyata gue sadar itu semua nggak segampang ngecilin badan. Nggak tahu kenapa agak sulit. Sebelumnya gue mau cerita sedikit ( sebenernya bahas masalah yang satu ini menurut gue cukup nggak penting tapi ketika ada temen facebook yang pernah nge”poin” foto-foto gue jadinya gue kegugah pengen share tips aja ).
Waktu kecil sebenernya kulit gue nggak item-item banget tapi juga nggak putih-putih banget kaya mayit, sedang-sedang aja. Tapi saat SD gue sama temen-temen gue seneng banget main sepedaan siang-siang pas matahari lagi asyik nangkring di tengah-tengah. Karna masih kecil gue masih jarang pakai jilbab dan nutup aurat alhasil badan dan wajah gue jadi hitam pekat. Masuk SMP wajah gue tambah parah, gue menderita “Buras”. Buras itu nama bekennya panu wajah. Jadi wajah gue ada bulet-bulet nggak rata dan warnanya putih, selain itu kalau pas lagi kena keringat perihnya nggak ketulungan mana gatel banget lagi. Waktu itu sampai pernah ada temen gue cowok manggil gue “eh panu panu” sumpah malu plus sebel banget kan dikatain kaya’ gitu apalagi sama cowok. Nah karena udah semakin parah ibu sama bapak gue bawa gue ke dokter kulit. Setelah makai obat dari dokter kulit ternyata nggak ada efek sama sekali di wajah gue. Akhirnya ibu gue nyaranin gue pakai salah satu produk pembersih wajah dengan dosis yang ringan yang dulu pernah dipakai tante-tante gue ( maklum waktu muda ibu gue termasuk cewek yang peduli banget sama kesehatan wajah, sering facial itu udah biasa. Bukannya sombong tapi selama pakai duit sendiri itu tetap sah sah saja kan ??). Alhamdullilah buras-buras gue musnah satu demi satu namun gue belum merasa puas karena kulit hitam masih menempel di wajah dan badan gue ( astagfirullah banget sebenernya karna gue pernah ngerasa nggak bersyukur atas kondisi gue). Gue udah nglakuin berbagai cara buat ngilangin kehitaman ini apalagi ditambah gue seneng banget sama olahraga air yaitu renang jadi mau nggak mau untuk ngilangin itu semua sangat susah. Tapi gue nggak menyerah selama gue belum bisa buktiin ke orang-orang yang ngehina gue kalau gue bisa jauh lebih baik dari mereka ( termasuk nunjukkin ke mantan sahabat gue yang pernah juga ngatain gue –-“).
Terus gimana??
Untuk badan sebenernya cukup simple, gue adalah tipikal cewek yang nggak suka nglakuin perawatan yang namanya spa. Ketika spa mau nggak mau badan kita bakal di pegang-pegang sama terrapis ( meskipun cewek ) dan gue nggak nyaman kalau harus berada di posisi itu ^^.
Yang gue lakuin:
1. Gue cuma pakai lotion yang ada kandungan UV protection nya.
Apapun itu bebas yang penting bisa nglindungin atau mengurangi dampak dari UV sendiri. Nggak perlu mahal yang penting rutin dan telaten makainya.
2. Pakai baju yang nutup badan banget. Keuntungan gue berhijab gue bisa terlindung dari paparan sinar matahari yang selalu menyengat di siang hari padahal tau sendiri aktivitas kita pasti lebih sering di siang hari daripada malam hari apalagi gue adalah pengendara motor nggak kebayang panasnya tambah kaya’ apa pas lagi di jalan.
3. Rajin-rajin mandi aja
4. Rajin makan buah karena buah sangat berdampak pada kesehatan kulit.

Kalau untuk wajah gimana??
Wajah?? Ihhh ini yang bikin gue stress gilaa. Sulit banget untuk bikin wajah kelihatan lebih putih. Banyak banget cewek yang terobsesi kulit wajahnya bisa putih tapi dengan cara yang aneh atau tidak wajar. Jadi gue punya beberapa temen pas SMA yang pengen banget kelihatan putih tapi sayangnya satu, mereka lupa kalau kulit badannya itu nggak seputih wajahnya. Gue nggak tahu mereka pakai apaan. Yang mereka pakai mungkin bisa bikin kulit wajah mereka jadi putihhhh banget tapi nggak tahu kenapa badan mereka nggak seputih wajah mereka. Kebanyakan yang ngelihat mereka pun bukannya terpesona malah ketakutan karena emang bener-bener nggak alami.
Kalau gue??
Kalau gue proses itu lebih penting. Sekali lagi gue nggak suka yang instan-instan makanya meskipun lama yang penting tetep bisa kelihatan se alami mungkin.
Waktu itu gue habis ujian nasional, lebih tepatnya sebelum lebaran ibu gue ngajak gue ke sebuah aesthetic center buat perawatan. Niatnya dari rumah sih gue cuma pengen nganter tapi setelah disana gue dipaksa sama ibu buat ikutan. Gue bener-bener nggak mau waktu itu karena gue lihat temen-temen gue yang perawatan bukannya bersih malah jerawatnya banyak banget ( Alhamdullilah meskipun wajah gue item tapi gue jarang banget kena jerawat ) tapi karena ibu udah marah-marah ya udah gue terpaksa ikut. Nah setelah hari itu jujur gue jadi ketagihan perawatan termasuk makai produk-produk nya.
Apa nggak mahal?? Mahal bangettttt tapi masih terjangkau lah, awalnya gue sih bodo amat kan dulu yang maksa ibu gue karna memang ibu gue paling rempong kalau soal beginian. Kusem dikit wajah gue langsung marah-marah tapi ibu gue tipikal ibu yang baik dan nggak terlalu bawel jadi tenang aja buat calon menantu yang masih otw *eh LUPAKAN!!. Balik lagi tapi semakin kesini gue gunain uang gue sendiri buat kebutuhan-kebutahan tambahan gue, entah dari nabung, jualan dsb. Jadi  sebenernya BEAUTIFUL IS EXPENSIVE. Apapun yang indah itu butuh pengorbanan.
Semua itu sekali lagi gue lakuin karna trauma dan takut. So, terserah sih kalau ada yang nganggep gue rempong atau apalah yang penting gue kaya’ gini sebisa mungkin gue selalu pakai uang gue sendiri dan insyAllah nggak ngrepotin orang tua gue ( kalau nggak kepepet :D ).

Oke mungkin itu aja…
Yang terpenting be yourself karena lebih baik mensyukuri apa yang kita punya dan nggak perlu memaksakan apapun kehendak kita. Berubah menjadi yang lebih baik itu sah sah aja yang penting nglakuinnya dengan cara yang bener ^^.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar