Sabtu, 22 Maret 2014

TEMEN GUE PHNT



Hari ini gue mau nulis sesuatu yang mungkin agak sedikit sensitive kali ya itupun bagi yang suka ngrasa. Buat yang enggak pernah nglakuin harusnya mah biasa aja.
Gue punya temen ni, sebut aja namanya miss.udahbaikmasihajadisakitin. Nah dia itu temen gue yang sekarang lagi deket sama gue, makanya dia sering banget cerita ke gue apa-apa aja yang dia rasain. Dia cerita tentang mantan nya yang sekarang jadian sama temen baik dia (sebenernya temen baik gue juga sih, tapi itu dulu). Awalnya dia bukan tipikal orang yang suka berprasangka buruk alias suudzon. Dia selalu berpikiran baik karena pada dasarnya dia emang cewek yang punya perangai baik nggak suka neko-neko (setau gue juga sih). Nggak kaya gue. Iya emang gue akuin gue bukan tipikal cewek baik, gue masih suka emosian, gue kalo ngomong suka nyeplos nggak ada aturan dan masih banyak lagi (lupakan!!). Miss.udahbaikmasihajadisakitin ini kan udah lama tuh nggak contact”an lagi sama mantannya gara-gara mantannya ketahuan jalan sama temen gue itu, sebut aja namanya miss.nggaknyangkabisabegitu. Pas ketahuan (sebelum dia gue duluan yang tahu), dengan sigapnya gue langsung sms dia, si miss.nggaknyangkabisabegitu “Eh beneran loe jalan sama mr.ramudengan (panggil aja gitu)? Yang bener aja ada hubungan apa loe sama dia?”. Waktu gue tanya begitu dia cuma jawab “gue nggak ada apa-apa kok sama dia gue cuma maen bareng aja”. Gue pun nggak percaya gitu aja, balik lagi ya ke sifat buruk gue. Ya di logika aja lah ada cewek gitu jalan berdua doang sama cowok yang udah punya pacar tanpa seijin pacarnya pula. Ya wajar sih mungkin pikiran orang-orang, sampai kalau ada yang tahu ternyata alasan dia kaya’ gini “gue jalan sama mr.ramudengan gara-gara gue lagi bingung banget, gue lagi banyak masalah dan gue nggak tahu gue harus ngapain gue bener-bener lagi stress dan disaat itu si mr.ramudengan ngajakin gue jalan makanya gue mau”. Buset ni orang jawabannya bikin gue merinding. Di dalam pikiran gue “ini orang atheis??”.
Kenapa gue bisa mikir gitu??
Apa nggak ada tempat bersandar bagi seorang manusia kalo lagi ada masalah??
Pertama, Allah itu nggak pernah tidur kaliii. Loe curhat sama Dia masalah loe pasti kelar dan itu nggak usah nunggu lama-lama. Selain itu solusi yang bakal loe dapet jauh lebih baik daripada loe harus pergi sama pacar orang hanya demi alasan “stress lagi ada masalah”. Norak banget gitu pikiran loe.
Kedua, di rumah, loe punya orang tua kan??. Orang tua itu bukan sekedar jadi bapak sama ibu kita, mereka tu bisa jadi temen, sahabat, kakak semuaa lah. Bahkan gue jamin kalau loe cerita ke orang tua loe mereka nggak akan mungkin bocorin rahasia loe. Beda kalau loe cerita ke orang baru. Orang yang baru loe kenal.
Dan yang ketiga, kaya’ nya peran gue sama temen-temen gue yang lain udah terkalahkan sama mr.ramudengan. Temen itu bukannya takdirnya buat direpotin ya??
Kalau ada masalah ataupun lagi seneng lari aja ke temen, kalau temen loe baik pasti mereka bakal dengerin semua keluh kesah loe kok. Kecuali emang loe yang jadi temen yang nggak baik.
Yaudah setelah denger pengakuan dia gue nggak mau terlalu mikirin prasangka gue bener atau nggak, gue berusaha buat positive thinking sama “sahabat” gue itu. Setelah itu ternyata keesokannya si miss.udahbaikmasihajadisakitin tau. Gue sih bisa baca raut kecewa sama khawatir di wajahnya tapi gue cuma bisa nenangin karena gue pikir hal ini nggak akan berlarut-larut. Gue cuma bilang sama dia “tenang nggak akan ada hubungan apapun diantara mr.ramudengan sama miss.nggaknyangkabisabegitu”. Tapi sampai singkat cerita, mereka berdua sering balas-balasan komen di jejasos twitter dan ngepost foto** mesra saat mereka jalan bareng di luar kota, gandengan pula. Gue kaget bener-bener syok pangkat limabelas. Apa arti pengakuan cuma temen dia selama ini??.
Sayang buat gue. Banyak hal yang gue bener-bener sayangin atas perilaku si miss.nggaknyangkabisabegitu.

1. Dia udah nyakitin miss.udahbaikmasihajadisakitin. Padahal selama ini si miss.udahbaikmasihajadisakitin selalu baik sama dia, nggak pernah buat perkara. Kalau dia sama gue nggak ngerti pelajaran, si miss.udahbaikmasihajadisakitin selalu siap siaga buat ngajarin. Tapi apa balasan si miss.nggaknyangkabisabegitu??.
Gue yakin di dalam hatinya dia pasti bilang gini “hak gue dong dia suka sama gue dan gue juga suka”.
Pliss loe deket sama orang, pacaran sama dia disaat hubungan dia dan masa lalunya belum kelar itu sama aja loe jadi penikung halus. Nggak tampak tapi nyakitin. Kalau udah kaya’ gini nggak usah mengatas namakan cinta deh. Cinta nggak akan pernah tega nyakitin siapapun. Ini bukan cinta tapi egoisitisme. ^^
2. Dia rusak persahabatan yang selama ini udah terpupuk baik selama bertahun-tahun hanya demi seseorang yang belum tentu baik. Gue kasih tau ya, buat membangun kepercayaan itu butuh waktu yang sangat lama butuh kebaikan yang nggak sedikit tapi untuk menghancurkan itu semua??
hanya dengan satu kalimat buruk semua akan berubah.
Gue jadi jahat. Ya memang gue rela ngakhirin hubungan persahabatan ini. Gue nggak mau punya sahabat yang selalu bikin orang sakit hati. Gue selalu berusaha jadi orang baik meskipun kadang sedikit yang mau mengerti kebaikan gue. Makanya saat gue masih di sekitar orang jahat gue nggak akan bisa jadi orang baik. Gue berterima kasih sama Allah, mungkin gue nggak punya fisik bagus kaya yang dipunya banyak cewek di dunia ini tapi itulah yang menyelamatkan gue dari kemunafikan dan fitnah yang bisa gue lakuin karena fisik gue. Sama kaya’ yang dilakuin miss.nggaknyangkabisabegitu.
3. Dia dibenci banyak orang sekarang. Gue sering bilang sama dia “sabar aja sama jodoh. Suatu saat dia pasti datang. Dia sekarang lagi dijaga sama Allah. Berpuasa aja dulu”.
Apa sih maksut gue ngomong gitu?? Gue cuma ngasih nasehat dari apa yang gue tau tapi mungkin nafsu dia lebih besar makanya kenapa dia kaya’ nya nggak bisa hidup tanpa cowok. Akhirnya??
dengan jalan begini kah dia nglakuin semuanya? Akibatnya sekarang semua nggak mau denger dan nyebut nama dia. Nggak mau ketemu dia. Ketemu pun terpaksa. Gue ngomong ke temen gue nggak mungkin gue bermaksut jelek punya tujuan lain. Satu tujuan gue kita jalan ke satu arah menuju kebaikan. Tapi dia memilih jalan lain. Ya sudahlah mungkin ini lebih menyenangkan buat dia.
Dan akhirnya sekarang?? Buat baik sama dia adalah beban yang berat buat gue. Meskipun sebenernya gue pengen lupain masalah ini tapi ternyata gue nggak bisa. Gue bukan tipikal orang yang gampang lupa sama masalah apalagi menyangkut orang-orang disekitar gue. Gue cuma ngrasa gagal jadi temen, gue nggak bisa ngarahin temen gue sendiri. Karena saat gue nyuruh dan nasehatin dia, dia malah bilang kalau gue protektif dan suka ikut campur urusan orang tapi ketika gue diem dia bilang gue nggak peduli. Itulah kadang mengapa jadi teman yang baik bukan perkara yang mudah. Gue cuma pesen aja sama kalian.

Pertama, jika kalian emang udah jadi orang yang baik mending nggak usah nglakuin hal yang neko-neko yang bisa bikin kalian hancur. Dapetin imej baik itu nggak gampang meskipun kalian udah nglakuin beribu ribu kebaikan makanya kenapa di saat kalian udah dianggap baik sama orang jaga kebaikan itu jangan dinodai.
Kedua, jika ada temen kalian nasehatin kalian, pikir apa sebenernya nasehat itu emang baik atau cuma omong doang. Disaat temen itu ngarahin kalian di jalan yang bener itu berarti mereka sayang sama kalian bukan mau protektif atau sebagainya. Jangan berpikiran buruk apalagi sama temen dan apalagi sama temen yang udah bertahun-tahun ada di samping kalian. Ya contohnya kaya’ temen gue tadi. Mungkin dia lebih mempertahankan satu orang yang dicintainya sekarang tapi dia rela melepaskan banyak orang yang sayang sama dia. Gue pikir hidupnya sampai hari ini belum tenang. Dan sebenernya ada satu lagi yang gue tahu, orang yang dia cintai itu bukan orang yang tepat tapi sebagai temen yang udah gagal gue nggak akan ngurusin lagi hidupnya dia. Biar suatu saat dia yang tahu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar