Sabtu, 22 Maret 2014

NYONTEK KOK PROTES



Hari ini ada salah satu temen yang curhat ke gue. Nggak curhat sih sebenernya cuma ngomongin orang diem-diem. Temen gue lagi nggak suka sama seseorang yang sekarang lagi ngremehin dia.
Ceritanya bermula…
Minggu lalu salah satu dari dosen-dosen “luar biasa” gue ngasih tugas. Tugasnya biasalah soal itung-itungan matematika --  . Dengan kemampuan yang sangat terbatas ini kaum-kaum minoritas tetap berusaha se confidence mungkin buat nyelesain tugas itu. Termasuk pula kami ( gue sama temen temen gue ). Pekerjaan itu selesai meskipun ada beberapa nomer yang nggak bisa diselesain. Ketika sampai dikelas, kita yang emang nggak pernah mau ambil pusing sama situasi langsung duduk dibangku paling belakang ( tempat yang teramat damai dan indah untuk menikmati kelaparan dan kegalauan yang melanda ). Menurut gue bangku paling belakang itu sesuatu banget. Selain tempat strategis buat ngantuk-ngantukan, bangku akan selalu mendengarkan keluh kesah mahasiswa yang sebel banget sama dosen yang lagi ngajar. Sesuatu kan??.
Oke balik lagi ke topik. Gue dan temen gue duduk dengan santai, namun tiba-tiba ada salah satu temen kelas gue datengin kita. Dia ngira kita udah selesai ngerjain tugasnya, Karena dia pikir duduk santai itu adalah surga dunia bagi mahasiswa yang udah terlepas dari penjara berkedok tugas yang diberikan dosen. Kalau gue sih mau itu lagi dalam keadaan berat sekalipun tetep harus *woles. Karena tanpa woles hidup loe akan tambah berat brayyy ( kata anak-anak gaul sekarang, yang nggak gaul derita loe!!). Gue yang emang belum ngerjain cuma  jawab “belum”. Dan namanya anak sekarang saat ada yang belum ngerjain tugas pasti bakal lebih sering ditinggalin daripada dikasihanin. Sebenernya juga nggak bakalan ada yang suka kalau dikasihanin tapi namanya tuntutan, tugas pun harus selesai apapun jalannya yang penting enggak melanggar norma yang ada di Indonesia ( kata pak presiden anak muda sekarang nggak boleh ikut-ikutan angkatannya, nanti takut Negara bangkrut dan kalau Negara brangkut berarti udah ada yang siap membeli. Kalau dibeli sama Negara yang banyak boybandnya itu sih nggak papa soalnya itu berarti gue bisa ketemu sama oppa-oppa gue..-LUPAKAN!!-) . Dan tiba-tiba temen gue ngeluarin kertas yang isinya tugas yang udah dia kerjain sendiri. Waktu gue tanya gimana itu tugas bisa selesai, dia cerita gini “yaiyalah perjuangan banget gue ngerjainnya, gue bangun jam dua pagi terus gue kerjain sebentar ni tugas tapi gara-gara nggak ketemu gue tidur lagi, jam empat gue bangun lagi gue kerjain lagi sampai jam enam tadi” . “Hebaaat”. Mengagumi tapi sebenernya biasa aja. Iya biasa aja karena gue dulu juga sering banget kaya’ gitu pas SMA. Pas jaman-jamannya tugas numpuk-numpuk. Numpuk-numpuk gara-gara harus ngejer nilai yang jeblok-jeblok. Nahhh.. pas tau salah satu dari kita udah ada yang ngerjain orang yang tadi ( temen satu kelas gue ) dateng dan langsung minjem. Nggak cuma satu orang, ada lagi satu yang bilang pinjem. Sama temen gue pun langsung dikasih. Beberapa saat kemudian temen gue bisikin gue.
“Tau nggak tugas punya gue dibanding-bandingin sama tugasnya Mrs.Dimanfaatin ( ya gitu aja soalnya keadaannya emang begitu—kasihan--)”.
“Dibanding-bandingin gimana?”.
“Iya gara-gara punya gue beda sama punyanya Mrs.Dimanfaatin, makanya jadi diragukin “.
OOO..jadi itu alesannya tiba-tiba muka temen gue jadi sepet. Jadi gini gue ceritain lebih detailnya. Mrs.Dimanfaatin itu emang anak paling pinter di kelas gue termasuk soal itung-itungan. Kalau ada tugas pasti semua bakal ber”patok” kan sama dia nggak terkecuali gue. Tapi gue beda. Gue cuma tanya sama dia ketika otak gue bener-bener mentok dan nggak bisa buat  mikir tapi setelah itu gue pasti bakal tanya gimana cara yang lebih detail lagi ke dia, bukan tinggal nyontek terus beres. Mahasiswa model apaan kaya’ gitu. Nah pas orang yang minjem tugas temen gue itu banding-bandingin tugasnya sama orang lain otomatis temen gue marah dan nggak terima. Gue sih sangat mengerti ya kenapa dia bisa marah. Nyontek itu adalah sesuatu yang sangat lumrah dilakukan oleh para pelajar dan mahasiswa. Nggak mungkin golongan-golongan se ababil ini bisa lepas dari yang namanya kebiasaan buruk mencontek. Tapi contek mencontek itu harus ada tata kramanya, nggak boleh sradak-sruduk sesuka hati. 

Nyontek itu :

1. Nggak boleh maksa dan harus sopan.
Nyontek itu kan sama aja kaya’ minta. Minta jawaban. Ya pastilah nggak boleh maksa dan harus sopan. Kalau kita mau minta jawaban ke orang lain dan orang lain itu nggak ngebolehin berarti di cuma punya dua alasan. Alasan yang pertama dia emang orang yang pelit dan alasan kedua dia punya alasan lain. Gue pernah punya temen yang pelit banget pas dimintain jawaban tapi pas ada cowok sekalipun cowok itu nggak ganteng dia tetep kasih itu jawaban. Berarti yang kaya’ gini masuk tipe punya alasan lain. Sebagai manusia yang punya etika dan sopan santun kita harus memaklumi contoh-contoh manusia seperti itu. Yang penting kita jangan maksa, kalau dia nggak mau yaudah berarti destiny kita harus mikir sendiri. Gunain semboyan “Jujurlah sekalipun itu menyakitkan”.
2. Hargain orang yang udah nyontekin loe.
Kalau kita mau nyontek orang sebaiknya mikir-mikir dulu di awal. Jangan sampai pas udah loe pinjem tugasnya malah loe banding-bandingin sama punya orang lain. Sakiiiiit pasti. Kaya’ contohnya temen gue tadi. Emang sih mukanya hampir sama kaya’ muka-muka orang idiot tapi jangan salah. 99,99% penampilan itu menipu. Kelihatannya aja pinter tapi ternyata bego’nya nggak ketulungan. Begitupun sebaliknya. Apalagi faktanya orang pinter itu pasti akan tetap kalah sama orang-orang yang punya ambisi. Maka dari itu kalau loe mau orang lain hargain loe, loe harus hargain mereka dulu. Kalau emang nggak yakin mending nggak usah pinjem. Lebih baik loe kerjain sendiri kalau emang loe ngrasa punya otak yang lebih encer tapi ati-ati saking encernya takutnya malah tu otak ilang. ^^V
3. Balas budi
Berbalas budilah sama orang-orang yang udah mau nyontekin loe sekalipun contek-mencontek itu adalah hal yang tidak dibenarkan. Jangan pas butuh aja loe melas-melas tapi giliran ada yang ngebutuhin, loe cuek aja. Itu namanya nggak tau diri. Maybe.

Temen-temen gue termasuk gue emang mungkin nggak terlalu pinter-pinter banget tapi seenggaknya gue sama temen-temen gue tau banget gimana caranya ngehargain perjuangan dan pengorbanan orang. Karena pada dasarnya hasil akhir itu nggak akan terlihat puas kalau kita dapetinnya juga cuma cap-cip-cup. Yang paling penting percaya pada kemampuan diri sendiri , confidence kalau loe pasti lebih hebat daripada orang-orang yang cuma bisa main cap-cip-cup J


1 komentar:

  1. YouTube - VODl.cc
    vr-porn. youtube. YouTube. YouTube. Youtube. Youtube. YouTube. YouTube. download youtube to mp3 YouTube. Youtube. YouTube. YouTube. Youtube. YouTube. YouTube. YouTube.

    BalasHapus